• +62 341 567475
  • sastra@um.ac.id
4. Quality Education
Asst. Prof. Budi Waluyo M.A. Berperan sebagai Co-Teacher di Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang

Asst. Prof. Budi Waluyo M.A. Berperan sebagai Co-Teacher di Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris Universitas Negeri Malang

Fakultas Sastra

juni, 01 2024

Learning and Students

SDG 4

Malang, 5 Desember 2024
Program Studi Bahasa dan Sastra Inggris, Departemen Sastra Inggris, Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) kembali menghadirkan inovasi dalam metode pengajaran dengan menghadirkan Asst. Prof. Budi Waluyo, M.A. sebagai Co-Teacher. Kehadiran beliau pada sesi pembelajaran hari ini menjadi bagian dari upaya fakultas untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan suasana akademik yang interaktif.

Peran Co-Teacher dalam Pembelajaran

Konsep Co-Teaching yang diterapkan Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang bertujuan untuk memperkuat sinergi antara tenaga pengajar utama dan pendamping dalam menyampaikan materi secara lebih efektif. Asst. Prof. Budi Waluyo, yang memiliki rekam jejak akademik cemerlang dalam bidang linguistik terapan dan metode pengajaran bahasa Inggris, memanfaatkan kesempatan ini untuk berkolaborasi dengan dosen utama dalam memberikan pengalaman belajar yang dinamis kepada mahasiswa.

Dalam sesi kali ini, beliau memfokuskan materi pada strategi pembelajaran interaktif berbasis teknologi, termasuk pemanfaatan platform digital dalam meningkatkan keterampilan membaca dan menulis akademik. Pendekatan yang digunakan mencakup studi kasus, diskusi kelompok, dan presentasi interaktif, yang disambut dengan antusias oleh para mahasiswa.

Kegiatan Pembelajaran

Sesi yang berlangsung selama tiga jam tersebut diawali dengan diskusi tentang peran teknologi dalam pembelajaran bahasa. Asst. Prof. Budi Waluyo memberikan wawasan mendalam tentang bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan aksesibilitas dan efektivitas pembelajaran. Beliau juga mengajak mahasiswa untuk aktif berpartisipasi melalui simulasi penggunaan aplikasi pengembangan kosakata dan alat penulisan berbasis kecerdasan buatan.

Dalam sesi kedua, beliau berkolaborasi dengan dosen utama untuk membimbing mahasiswa melakukan analisis kritis terhadap teks akademik berbahasa Inggris. Dengan metode pembelajaran berbasis proyek, mahasiswa diminta untuk menyusun rangkuman kritis yang mencerminkan pemahaman mereka terhadap teks yang diberikan.

Dukungan Fakultas terhadap Kolaborasi Pengajaran

Dekan Fakultas Sastra, Dr. Sri Wuryandari, M.Pd., menyampaikan apresiasi atas keterlibatan Asst. Prof. Budi Waluyo dalam program ini. “Kolaborasi ini merupakan wujud nyata komitmen kami dalam menghadirkan pendidikan berkualitas dan relevan dengan perkembangan zaman. Kami berharap, kehadiran beliau dapat memberikan inspirasi kepada mahasiswa dan dosen lainnya,” ujarnya.

Kegiatan ini juga menjadi bagian dari rangkaian upaya Fakultas Sastra dalam memperkuat jejaring internasional, mengingat Asst. Prof. Budi Waluyo juga aktif dalam penelitian dan konferensi global di bidang pendidikan bahasa Inggris.

Antusiasme Mahasiswa

Para mahasiswa yang mengikuti kelas menyambut hangat kehadiran Asst. Prof. Budi Waluyo. Salah satu mahasiswa, Rina Setiani, menyatakan bahwa metode pengajaran yang diterapkan sangat inovatif. “Kami merasa lebih termotivasi untuk belajar. Materi yang disampaikan tidak hanya relevan, tetapi juga memberikan gambaran nyata tentang bagaimana kami dapat mengaplikasikan pembelajaran ini di masa depan,” ungkapnya.

Harapan dan Keberlanjutan

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi awal dari kerja sama yang lebih luas antara Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang dan pengajar tamu dari berbagai latar belakang. Dengan melibatkan pakar seperti Asst. Prof. Budi Waluyo, Fakultas Sastra terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan sekaligus mempersiapkan mahasiswa menghadapi tantangan global dalam dunia kerja dan akademik.

Acara ini ditutup dengan foto bersama dan diskusi singkat antara mahasiswa, dosen utama, dan Asst. Prof. Budi Waluyo. Kolaborasi ini menjadi bukti nyata bahwa inovasi dalam pengajaran adalah langkah strategis untuk menciptakan generasi unggul dan kompetitif.

Leave a Reply

Your email address will not be published.