• +62 341 567475
  • sastra@um.ac.id
4. Quality Education
Kegiatan Akademisi Luar Universitas Negeri Malang Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Peringkat Internasional melalui Pengajaran dan Penelitian Aktif

Kegiatan Akademisi Luar Universitas Negeri Malang Tingkatkan Kualitas Pendidikan dan Peringkat Internasional melalui Pengajaran dan Penelitian Aktif

SDG 4

Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang

Nuraeni Putri

Malang, 30 November 2024 – Universitas Negeri Malang (UM) berkomitmen untuk mendukung pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG) ke-4, yang fokus pada pendidikan berkualitas. Salah satu contoh nyata kontribusi tersebut datang dari Ali Saukah, Dosen Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, yang terlibat sebagai Co-Teacher di Program Studi Pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra UM pada semester gasal tahun ajaran 2024/2025.

Ali Saukah mengajar mata kuliah Intensive Course, yang bertujuan memperkuat keterampilan berbahasa Inggris mahasiswa. Sebagai Co-Teacher, Ali membawa pengalaman dan perspektif baru dalam pengajaran, yang sangat berguna bagi mahasiswa untuk menghadapi tantangan global di dunia akademik dan profesional. Mata kuliah ini tidak hanya berfokus pada teori, tetapi juga mengajarkan keterampilan praktis yang dapat diterapkan di lapangan oleh calon pengajar bahasa Inggris.

Selain memberikan dampak langsung bagi mahasiswa, keikutsertaan Ali dalam pengajaran di UM juga mendukung peningkatan kualitas pendidikan di universitas ini. Ali, sebagai akademisi dari Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, membantu meningkatkan jumlah akademisi aktif yang terlibat dalam pengajaran dan penelitian di UM. Hal ini sangat relevan dalam pemeringkatan internasional universitas, seperti QS AUR (Academic Reputation) dan THE WUR/AUR (Times Higher Education World University Ranking/Academic Reputation). Peringkat universitas dalam pemeringkatan ini sangat dipengaruhi oleh jumlah akademisi yang berperan aktif dalam pengajaran dan penelitian.

Keterlibatan akademisi luar seperti Ali Saukah berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan UM dan memperkuat posisi universitas di mata dunia. Dengan lebih banyak akademisi yang berkontribusi, UM dapat memperkaya pengalaman belajar mahasiswa dan menawarkan perspektif yang lebih luas dalam pengajaran dan penelitian. Hal ini juga meningkatkan peluang UM untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik dalam pemeringkatan internasional, yang pada gilirannya dapat menarik lebih banyak mahasiswa internasional dan memperkuat kolaborasi riset global.

Kontribusi Ali juga memperkaya kualitas pengajaran di Program Studi Pendidikan S1 Pendidikan Bahasa Inggris UM. Dengan pengalamannya sebagai Dosen di Universitas Muhammadiyah Kalimantan Timur, Ali memperkenalkan metode pengajaran bahasa Inggris yang lebih inovatif dan aplikatif. Ini memberi mahasiswa UM kesempatan untuk belajar tidak hanya dari dosen tetap, tetapi juga dari akademisi luar dengan pendekatan yang berbeda.

Secara keseluruhan, keterlibatan Ali Saukah dalam pengajaran di Universitas Negeri Malang adalah contoh nyata bagaimana akademisi dari luar institusi dapat memberikan kontribusi besar dalam pencapaian SDG 4, yaitu pendidikan yang berkualitas. Dengan melibatkan lebih banyak akademisi luar dalam kegiatan pengajaran dan penelitian, UM dapat terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat posisinya di peringkat internasional, yang akan membawa dampak positif bagi perkembangan pendidikan di Indonesia dan dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.