Analisis Genre dalam Kuliah Tamu: Menelaah Pengaruh Struktur dan Gaya Komunikasi pada Pembelajaran Akademik
Department of Literature
Hanna Widi Krisjayanti Lunmisay
June 1, 2024
Learning and Students
SDG 4
Pada pukul 10.00 hingga 13.00, Gedung D14 Ruang AVA lantai 2 Universitas Negeri Malang menjadi pusat kegiatan Guest Lecture yang dirancang untuk memahami bagaimana struktur dan gaya komunikasi memengaruhi pembelajaran akademik. Acara ini dipimpin oleh Dr. Alex Ding dosen University of Leeds selaku pembicara, serta juga Dr. Milada Walkova dosen University of Leeds selaku pembicara, serta juga yang terakhir Dr. Yolanda Cerda sebagai The Executive Director, Language center, University of Leeds selaku sebagai pembcara. Acara ini untuk bertujuan meningkatkan efektivitas komunikasi akademik dan memperkaya pengalaman belajar di berbagai konteks pendidikan
Analisis genre dalam konteks kuliah tamu berfokus pada cara struktur dan gaya komunikasi mempengaruhi proses pembelajaran akademik. Kuliah tamu sebagai salah satu bentuk penyampaian materi dalam lingkungan akademik, seringkali dipenuhi dengan ragam gaya komunikasi yang berbeda, baik yang formal maupun informal. Struktur kuliah tamu yang umumnya terdiri dari pembukaan, inti, dan penutupan, memberikan kerangka yang jelas bagi pembicara untuk menyampaikan informasi, sementara mahasiswa diharapkan dapat mengikuti alur yang ditawarkan. Gaya komunikasi yang digunakan oleh narasumber—baik berupa ceramah yang berbasis teori atau diskusi yang lebih interaktif—dapat mempengaruhi pemahaman dan keterlibatan mahasiswa. Sebagai contoh, gaya komunikasi yang menggunakan bahasa teknis dan formal mungkin memberikan kesan kedalaman dan kredibilitas, namun dapat mengurangi keterlibatan mahasiswa jika tidak disertai dengan penjelasan yang cukup. Sebaliknya, pendekatan yang lebih santai dan mudah diakses dapat meningkatkan partisipasi, tetapi berisiko mengurangi otoritas akademik dari materi yang disampaikan. Oleh karena itu, dalam kuliah tamu, keseimbangan antara struktur yang sistematis dan gaya komunikasi yang sesuai sangat penting untuk mendukung pencapaian tujuan pembelajaran, yakni pemahaman yang lebih baik terhadap materi akademik yang kompleks.