MENDORONG KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI SINERGI PENGAJARAN DI BIDANG SASTRA
MENDORONG KUALITAS PENDIDIKAN MELALUI SINERGI PENGAJARAN DI BIDANG SASTRA
Fakultas sastra
03 Desember 2024
LEARNING AND STUDENTS, LEARNING AND STUDENT ACTIVITIES
SDG 4
Kolaborasi antaruniversitas terus menjadi fondasi penting dalam memperkuat kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Salah satu contoh nyata adalah keterlibatan akademisi dari Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri yang menjadi Co-Teacher di Universitas Negeri Malang (UM. Dalam perannya di Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah, Fakultas Sastra UM, akademisi ini mengampu mata kuliah Teori Sastra.
Pengajaran ini tidak hanya memberikan pemahaman mendalam kepada mahasiswa mengenai konsep, pendekatan, dan analisis teori sastra, tetapi juga berkontribusi pada indikator penilaian QS Asia University Rankings (AUR) dan Times Higher Education World University Rankings (THE WUR/AUR). Kehadiran akademisi non-dosen tetap yang aktif mengajar di UM menjadi salah satu tolok ukur penting dalam memperkuat reputasi institusi di tingkat regional dan global.
Lebih jauh, aktivitas ini mendukung pencapaian yaitu memastikan pendidikan berkualitas yang inklusif dan merata. Mahasiswa dilatih untuk memahami teori sastra sebagai kerangka analisis dalam menciptakan karya-karya kritis yang relevan dengan perkembangan zaman.
Kolaborasi ini tidak hanya memperkaya pengalaman belajar mahasiswa tetapi juga memperkuat jejaring akademik lintas institusi. Dengan pendekatan yang berbasis penelitian dan relevansi global, kegiatan ini menjadi langkah signifikan untuk menciptakan pendidikan tinggi yang mampu menjawab tantangan masa depan.