
Mengatasi Tantangan Menulis Akademis (Wissenschafliches Schreiben) MOOC Memberikan Solusi Praktis

Bagi banyak siswa, menulis akademis adalah tantangan yang nyata. Menulis teks akademis sangat menuntut karena membutuhkan kombinasi pendekatan yang kompleks serta menuntut penulis untuk mampu mereproduksi dan mengorganisir konten khusus, memahami struktur jenis teks akademis, mempresentasikan temuan penelitian sendiri, dan merumuskan pemikiran secara mandiri. Menjawab tantangan ini, sebuah Massive Open Online Course (MOOC) telah dirancang untuk membantu siswa, guru, dan penulis akademis. MOOC dirancang oleh Christina Hollosi-Boiger: Pelatih dan konsultan penulisan, pengajar di universitas dan manajer literasi, Katrin Miglar: Konsultan penulisan di Pusat Penulisan dan Pusat Pendidikan Berkelanjutan Akademik di FHWien der WKW, Silke Schwaiger: Kepala Pusat Penulisan di FHWien der WKW, Teresa Baier: Asisten peneliti dan konsultan penulisan di Pusat Penulisan FHWien der WKW. Kursus ini disponsori oleh Forum Neue Medien in der Lehre Austria (fnma) dan direalisasikan oleh para ahli terkemuka di bidangnya.
MOOC ini menjelaskan fase-fase dalam proses penulisan akademis mulai dari ide awal hingga finalisasi teks. Proses penulisan yang individual dapat dibagi menjadi beberapa langkah. Dalam lima pelajaran, para ahli memberikan latihan dan teknik menulis untuk mengatasi rintangan dalam penulisan akademik.
Kursus ini dirancang untuk siswa yang sedang menulis teks akademik, pendidik yang mengawasi makalah akademis dan ingin menggunakan MOOC atau video individual dalam pengajaran mereka, semua penulis akademik yang membutuhkan dukungan.
MOOC ini mempromosikan pengembangan keterampilan menulis akademis secara independen dari institusi, mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) nomor 4 yang berfokus pada pendidikan berkualitas. Dengan lima pelajaran yang dirancang untuk membahas proses penulisan secara menyeluruh dan berorientasi pada praktik serta aplikasi, kursus ini memberikan latihan dan teknik menulis yang konkret.
Pelajaran dalam MOOC:
1. Proses penulisan akademik
2. Mengumpulkan ide dan menuliskan gagasan
3. Berpindah dari membaca ke menulis
4. Menyusun topik dan konten
5. Langkah cepat untuk focus menulis akademis
Dengan menawarkan keterampilan menulis yang mendasar dan esensial ini, MOOC berkontribusi pada pencapaian SDGs nomor 4 dengan meningkatkan akses ke pendidikan berkualitas yang dapat diakses oleh semua orang, terlepas dari latar belakang atau institusi pendidikan mereka.
Setelah menyelesaikan MOOC ini, peserta akan dapat mengatur penulisan akademis ke dalam fase individu, menerapkan latihan & teknik menulis untuk fase-fase tertentu dalam penulisan akademis, serta mengelola proyek penulisan dengan lebih efisien dan efektif. MOOC terdiri dari lima pelajaran yang dirilis setiap minggu. Setiap pelajaran mencakup video inspiratif, refleksi & aktivitas, dan kuis penilaian mandiri. Setelah pelajaran terakhir dirilis, seluruh MOOC akan tetap tersedia sebagai kursus mandiri di iMooX bagi siapa pun yang tertarik. Peserta aktif akan menerima sertifikat kehadiran otomatis setelah menjawab setidaknya 75% dari pertanyaan penilaian mandiri dengan benar.
Pewarta: Yovika Indrisani