• +62 341 567475
  • sastra@um.ac.id
4. Quality Education
Peran Dosen Tamu dalam Meningkatkan Kualitas Karya Tulis Mahasiswa

Peran Dosen Tamu dalam Meningkatkan Kualitas Karya Tulis Mahasiswa

Fakultas Sastra

10 Desember 2024

Pembelajaran dan Aktivitas Mahasiswa

SDG 4

Universitas Negeri Malang (UM) kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan mutu pendidikan dengan mengundang Dr. Lulus Irawati, M.Pd, dosen Universitas PGRI Madiun, untuk menjadi co-teacher dalam mata kuliah Essay Writing pada program studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris. Kehadiran beliau memberikan warna baru dalam proses pembelajaran sekaligus memperkaya wawasan mahasiswa tentang penulisan esai yang baik dan benar.

Dalam perkuliahan ini, Dr. Lulus fokus pada pengembangan keterampilan menulis esai akademik, mulai dari proses perencanaan, pengorganisasian ide, hingga penyuntingan akhir. Metode pembelajarannya yang interaktif dan berbasis praktik membuat mahasiswa lebih memahami cara menyampaikan argumen secara logis dan terstruktur. Beliau juga menekankan pentingnya kejelasan dan kohesi dalam setiap paragraf untuk menghasilkan esai yang berkualitas.

Dengan memperkuat keterampilan menulis, mahasiswa dipersiapkan untuk berkontribusi secara signifikan di dunia akademik maupun profesional. Dr. Lulus juga memanfaatkan teknologi digital dalam proses pengajaran, seperti memberikan umpan balik langsung melalui platform online, sehingga mahasiswa dapat dengan cepat memperbaiki dan memahami kekurangan dalam penulisan mereka. Pendekatan ini tidak hanya meningkatkan efisiensi pembelajaran, tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Kolaborasi antara UM dan Universitas PGRI Madiun ini mencerminkan pentingnya sinergi antar institusi dalam mencetak generasi yang berkualitas. Kehadiran Dr. Lulus sebagai co-teacher memberikan kontribusi besar dalam mendukung visi pendidikan berkelanjutan dan menciptakan mahasiswa yang lebih kompeten dalam dunia tulis-menulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published.