• +62 341 567475
  • sastra@um.ac.id
4. Quality Education
<strong>Membangun Kreativitas dalam Pembelajaran Seni: Kuliah Publik oleh Dr. Ike Ratnawati di Fakultas Sastra UM</strong>

Membangun Kreativitas dalam Pembelajaran Seni: Kuliah Publik oleh Dr. Ike Ratnawati di Fakultas Sastra UM

Malang, 22 Agustus 2024 – Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) mengadakan kuliah publik yang dipandu oleh Dr. Ike Ratnawati, S.Pd., M.Pd., dosen dari Departemen Seni dan Desain. Kuliah dengan tema Strategi Pembelajaran Seni ini berlangsung secara luring di gedung perkuliahan Fakultas Sastra UM dan dihadiri oleh mahasiswa UM serta peserta dari luar civitas akademika yang tertarik pada dunia pendidikan seni.

Mata kuliah Strategi Pembelajaran Seni yang disampaikan oleh Dr. Ike Ratnawati mengulas berbagai metode dan pendekatan dalam mengajar seni yang efektif dan kreatif. Kuliah ini bertujuan untuk membekali peserta dengan pengetahuan tentang cara-cara yang tepat dalam mengembangkan potensi kreatif siswa melalui pembelajaran seni yang menyenangkan dan aplikatif.

Dalam kuliah ini, Dr. Ike Ratnawati membahas berbagai teknik pembelajaran yang dapat diterapkan di ruang kelas seni, mulai dari metode pengajaran tradisional hingga pendekatan yang lebih inovatif dan berbasis teknologi. Beberapa topik yang dibahas antara lain adalah peran seni dalam pendidikan karakter, pentingnya pendekatan kontekstual dalam pengajaran seni, serta cara-cara mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran seni untuk meningkatkan keterlibatan siswa.

Dr. Ike Ratnawati juga menekankan pentingnya pembelajaran yang bersifat interaktif dan partisipatif, di mana siswa tidak hanya menjadi penerima informasi, tetapi juga aktif dalam menciptakan dan menginterpretasi karya seni. Metode-metode tersebut diharapkan dapat menginspirasi para peserta untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif bagi para siswa di kelas seni.

Kuliah ini menarik minat peserta dari berbagai latar belakang, termasuk mahasiswa Fakultas Sastra UM dan pengajar seni dari berbagai institusi pendidikan. Kehadiran peserta dari luar civitas akademika menunjukkan betapa besarnya minat terhadap pengembangan pembelajaran seni yang lebih kreatif dan inovatif.

Dengan pendekatan praktis yang memadukan teori dan aplikasi, kuliah ini diharapkan dapat memberikan keterampilan dan wawasan baru bagi para peserta dalam merancang dan melaksanakan strategi pembelajaran seni yang lebih efektif. Diharapkan pula, para peserta dapat mengimplementasikan metode pembelajaran yang telah dipelajari untuk meningkatkan kualitas pendidikan seni di sekolah-sekolah atau lembaga pendidikan lainnya.