Evaluasi Pembelajaran Bahasa Jerman: Kuliah Publik Evaluation im Deutschunterricht oleh Prof. Dr. Primardiana Hermila Wijayati
Malang, 15 Mei 2024 — Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (UM) menyelenggarakan kuliah publik mata kuliah Evaluation im Deutschunterricht yang dibawakan oleh Prof. Dr. Primardiana Hermila Wijayati, M.Pd., dari Departemen Sastra Jerman. Kuliah ini diadakan secara luring di gedung perkuliahan Fakultas Sastra UM pada 15 Mei 2024 dan dihadiri oleh mahasiswa Fakultas Sastra UM serta peserta dari luar civitas akademika yang tertarik untuk memperdalam pemahaman mereka tentang evaluasi dalam pengajaran bahasa Jerman.
Mata kuliah Evaluation im Deutschunterricht membahas konsep-konsep dan praktik evaluasi yang digunakan dalam pengajaran bahasa Jerman. Prof. Dr. Primardiana Hermila Wijayati menjelaskan bahwa evaluasi adalah salah satu aspek kunci dalam pendidikan bahasa, karena memberikan informasi yang penting mengenai kemajuan dan pencapaian siswa dalam proses belajar. Kuliah ini memberikan gambaran menyeluruh mengenai berbagai metode dan teknik evaluasi yang dapat diterapkan oleh pengajar bahasa Jerman untuk menilai keterampilan berbahasa siswa secara objektif dan adil.
Selama kuliah, peserta diperkenalkan dengan berbagai jenis evaluasi, mulai dari evaluasi formatif (yang dilakukan selama proses pembelajaran) hingga evaluasi sumatif (yang dilakukan setelah proses pembelajaran). Prof. Primardiana juga membahas pentingnya merancang instrumen evaluasi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran serta karakteristik siswa, agar hasil evaluasi dapat mencerminkan pencapaian yang sesungguhnya.
Kuliah ini juga menekankan pentingnya umpan balik konstruktif bagi siswa, yang dapat membantu mereka dalam memperbaiki kemampuan bahasa mereka. Teknik evaluasi yang baik, menurut Prof. Primardiana, tidak hanya mengukur hasil belajar siswa, tetapi juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dalam proses pembelajaran, sehingga pengajaran bahasa Jerman menjadi lebih efektif dan efisien.
Selain itu, peserta diajak untuk memahami bagaimana teknologi dapat dimanfaatkan dalam evaluasi pembelajaran bahasa, termasuk penggunaan aplikasi atau platform digital untuk membuat tes, kuis, atau penilaian berbasis proyek. Hal ini sangat relevan mengingat perkembangan teknologi yang semakin pesat dan peranannya dalam dunia pendidikan.
Kuliah Evaluation im Deutschunterricht ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman mengenai tantangan yang dihadapi dalam mengimplementasikan evaluasi dalam pembelajaran bahasa Jerman. Dengan pendekatan yang interaktif dan aplikatif, kuliah ini diharapkan dapat membantu para pengajar bahasa Jerman, baik di tingkat sekolah maupun perguruan tinggi, untuk menyusun dan melaksanakan evaluasi yang lebih tepat guna dan bermanfaat.
Dihadiri oleh peserta dari berbagai latar belakang, baik dari kalangan mahasiswa maupun pendidik, kuliah ini membuka ruang bagi diskusi tentang praktik terbaik dalam evaluasi pembelajaran bahasa Jerman. Prof. Dr. Primardiana berharap para peserta dapat menerapkan konsep-konsep evaluasi yang telah dipelajari untuk meningkatkan kualitas pengajaran bahasa Jerman di berbagai institusi pendidikan.
Melalui kuliah ini, Universitas Negeri Malang berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan kualitas pendidikan bahasa Jerman, khususnya dalam hal evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada keberhasilan siswa dan kemajuan pengajaran bahasa Jerman secara umum.